Kamis, 30 Juni 2016

Analisis Usaha Warnet Parsian



Analisis Warnet  Parsian

Dewasa ini, perekonomian negara Indonesia menunjukkan kondisi yang kurang menggembirakan bagi para pelaku usaha dan masyarakat. Terjadinya kenaikan BBM dan harga dolar menjadikan segala pendukung kehidupan seperti transportasi, distribusi dan bahan pokok tentu saja ikut naik dan hal ini menjadi bukti adanya kurang kondusifnya kondisi perekonomian negara. Dalam kondisi yang seperti ini, masyarakat semakin terpuruk ketika harga kebutuhan beberapa bahan pokok mengalami peningkatan dan tidak lagi terjangkau yang juga tidak diimbangi dengan meningkatnya pendapatan masyarakat.
Bagi para pelaku usaha, kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli masyarakat di sekitar sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa penawaran yang dilakukan oleh perusahaan. Apabila permintaan meningkat memungkinkan pasar menjadi potensial dan ketika kondisi permintaan menurun menyebabkan kondisi semakin terpuruk.
Di desa Langkimat, Kecamatuan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas utara, Provinsi Sumatera utara  sampai saat ini belum ada yang membentuk usaha  seperti warnet. Ini merupakan suatu peluang untuk mendapatkan laba yang tinggi. Sehingga jenis usaha Warnet  merupakan salah satu langkah yang tepat dilakukan di Langkimat.  Sebab Warnet adalah salah satu kebutuhan sebagian besar siswa, guru, karyawan di semua tempat yang sirkulasi permintaannya dilakukan setiap hari.

ANALISIS SWOT WARNET  PARSIAN

1.Gambaran Umum Warnet Parsian

Warnet Parsian adalah salah satu usah jasa dibidang Warnet yang terletak di Langkimat. Dalam menjalankan usahanya Warnet Parsian memiliki visi yaitu menjadi Warnet yang profesional di bidang teknologi internet dan informasi, sedangkan misi nya adalah mendukung visi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat setempat dan para pelanggan Warnet Parsian guna mencapai keuntungan yang maksimal.

Untuk mengetahui situasi dan kondisi Warnet Ringkai dilakukan dengan analisis SWOTdengan mengidentifikasi faktor-faktor Internal yaitu

1. Identifikasi Elemen Masing-masing Faktor SWOT

a.Faktor Internal Warnet Glory Internet

1.Strength (Kekuatan)


Telah memiliki perizinan, kewajiban pajak serta retribusi usaha sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga bila ada pemeriksaan dari petugas maka Warnet Parsian telah mengantongiizin usaha.

Tempat usaha yang cukup strategis diantara fasilitas umum, tempat kost Sekolah SMA dan Dekat dengan Pt. Torganda 
Tempat/Ruang usaha cukup luas, nyaman dan tertutup 
Dilengkapi dengan tempat parkir kendaraan roda dua yang diawasi CCTV

2.Weakness (Kelemahan)

Karyawan yang sulit dapat dipercaya.
  
Pengelola mempunyai keterbatasan waktu, sehingga tidak dapat mengontrol bisnis Warnetnyasesering mungkin.

Kondisi arus listrik yang tidak stabil, sehingga apabila semua peralatan listrik dinyalakan, makaarus listrik terputus.
  
Promosi atau pemasaran yang kurang.

b.Faktor Eksternal Warnet Glory Internet

1.Opportunity (Peluang)
Akan menjadi sebagai usaha yang eksis dan akan membuka pangsa pasar yang baru.
Para siswa, karyawan, dan masyarakat setempat sangat senang adanya warnet tersebut karena dapat mempermudah menyelesaiakan sebuah pekerjaan/tugas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar